KULIAH
KERJA NYATA (KKN)
PEMBELAJARAN
DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PPM)
TIM
II ANGKATAN XIII T.A 2012/2013
UNIVERSITAS
MALIKUSSALEH
KELOMPOK
51
DESA
ULEE GLE KECAMATAN TANAH JAMBO AYE
ACEH
UTARA
LOGO
Dosen Pembimbing
Lapangan : Chairil Akhyar, SE.,M.Si
Di Susun Oleh :
ZULFADLI (NIM.090210049)
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
UNIVERSITAS
MALIKUSSALEH
ACEH UTARA
TAHUN 2013
LEMBAR PERSETUJUAN
Oleh :
ZULFADLI(NIM.090210049)
Ketua Kelompok
HELMIZAR
|
Mahasiswa
ZULFADLI
|
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Lapangan Kepala
Desa Ulee Gle
Chairil
Akhyar, SE.,M.Si M. Hasan Ishak
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim.
Puji dan syukur kita munajatkan
kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) sebagai salah satu tugas
yang diberikan lembaga untuk tugas laporan kelompok dan dilanjutkan sebagai
bukti bahwa kami telah mengikuti dan menyelesaikan kegiatan KKN yang dilaksakanan
pada tanggal 18 April
sampai dengan 10
Juni 2013 dengan tema “PEMBERDAYAAN
EKONOMI MASYARAKAT”.
Dalam melaksanakan KKN di Desa
Ulee Gle Kecamatan Tanah Jambo Aye, maupun dalam penyusunan laporan ini banyak kendala yang ditemukan . Namun
berkat bantuan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak segala kesulitan
dapat diselesaikan tanpa permasalahan yang berarti.
Dengan penuh kerendahan hati
melalui laporan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
- Bapak Drs , selaku Rektor
Universitas Malikussaleh
- Bapak/Ibu Panitia KKN-PPM Universitas
Malikussaleh tahun 2013
- Bapak , Selaku Dosen Pembimbing
Lapangan
- Bapak Kepala Desa Ulee Gle
beserta para stafnya
- Rekan-rekan mahasiswa peserta
KKN-PPM Kelompok 51 Universitas Malikussaleh.
Kami mengaharapkan kritik dan
saran dari para pembaca terutama dari pihak LPPM Universitas Malikussaleh, demi
perbaikan di masa yang akan datang.
Semoga segala kebaikan yang telah diberikan
mendapat pahala yang berlipat ganda
Ulee Gle, 02 Juni 2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.1
LATAR BELAKANG
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa kepada
masyarakat, yang merupakan salah satu cara mengaplikasikan apa yang sudah
diterima selama di dalam perkuliahan. KKN dapat dikatakan sebagai suatu wadah
perkuliahan yang tidak mengutamakan teori lagi, akan tetapi lebih mengutamakan
praktik kita dalam mengatasi problematika di masyarakat.
Mengingat
permasalahan dalam hal pembangunan yang
sangat kompleks dan saling bertautan, maka perlu penanganan secara pragmatis
dan interdisiplioner. Untuk itu diperlukan pendidikan yang dapat melatih
mahasiswa sebagai calon sarjana yang bekerja secara interdispliner dan
menanggulagi permasalahan yang pragmatis. Dalam hal ini menunjukan adanya tiga
unsur penting yang dimiliki dalam mengartikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu pendidikan, penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat. Sebagai kegiatan pendidikan, melalui Kuliah Kerja
Nyata mahasiswa memperkenalkan langsung dengan masyarakat dan permasalahannya
dengan cara kerja antarsektor dan interdisipliner.
Dalam
kaitannya dengan penelitian, mahasiswa diajak untuk menelaah dan merumuskan
permasalahan yang terjadi di masyarakat, menelaah potensi-potensi dan kelemahan
dilema masyarakat serta merumuskannya dan mencari solosi untuk masalah itu.
Sebagai
kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata mahasiswa
mengamalkan ilmu, teknologi, seni, agama untuk memecahkan masalah tersebut dan
menanggulangi secara pragmatis. Atau dapat dikatakan bahwa Kuliah Kerja Nyata
membantu dalam membangun masyarakat.
Spesifikasi pelaksanaan kegiatan KKN ini
diprioritaskan pada pengabdian kepada masyarakat dan dimuatkan misi khusus dengan kemasan
mengangkat tema “pemberdayaan ekonomi
masyarakat” agar dapat berkembangnya rasa kepekaan sosial, membantu
mempercepat proses pembangunan, pendidikan karakter serta membentuk kader
penerus kegiatan pembangunan masyarakat. Sehingga pada pelaksanaannya
menekankan pada pengabdian dan pemakmuran kegiatan di dalam masyarakat desa
dengan program-program bimbingan keilmuan vertical dan horizontal yang
dikomplementasikan dengan pemahaman yang lebih menekankan pada pemberdayaan
ekonomi.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Dalam
merealisasikan cita-cita bangsa untuk mencapai bangsa yang maju dan dihargai
oleh seluruh bangsa di dunia, masyarakat pedesaan yang merupakan basis dari
kekuatan rill yang menjadi salah satu modal kekuatan penggerak kemajuan global.
Kesadaran akan tanggung jawab bahwa Universitass Malikussaleh merupakan salah satu perguruan
tinggi yang harus aktif dalam pembangunan. Maka KKN dilahirkan sebagai saham
dari perguruan tinggi melalui mahasiswanya untuk membangun perekonomian
masyarakat.
Diadakannya
KKN diharapkan menjadi jembatan antara dunia kampus yang terkenal dan merupakan
basis para akademik dengan masyarakat dengan segala persoalan yang
melingkupinya, yang dilaksanakan dengan melakukan pendidikan, penelitian dan
pengabdian dalam masyarakat sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan
Tinggi.Mahasiswa sebagai fasilitator, motivator dan katalisator bagi masyarakat
untuk selalu terlibat dalam gerak pembangunan untuk mencapai sebuah bangsa yang
tangguh dan mandiri seperti yang selama ini dicita-citakan.
Secara
khusus, KKN yang dilaksanakan ini dimuatkan misi khusus dengan kemasan mengangkat
tema “pemberdayaan ekonomi masyarakat”
agar dapat berkembangnya rasa kepekaan sosial, membantu mempercepat proses
pembangunan, pendidikan karakter serta membentuk kader penerus kegiatan
pembangunan masyarakat. Selain itu juga berorientasi pada pengabdian masyarakat
melalui pengembangan dan pemakmuran ekonomi masyarakat desa dan lembaga-lembaga
pendidikan formal maupun non formal di Desa Ulee Gle Kecamatan Tanah Jambo Aye
Kabupaten Aceh Utara sehingga dapat menjadi wahana penerapan ilmu pengetahuan dan
pengembangan wawasan di masyarakat secara sistematis dalam program pemberdayaan
masyarakat.
1.3
Tempat dan Waktu
a. Tempat
Wilayah pelaksanaan kegiatan
Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) 2013 Universitas Malikussaleh berlokasi di Desa
Ulee Gle Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara.
b.
Waktu
Pelaksanaan kuliah kerja nyata
dilakukan dalam dua tahap yaitu :
a.
Pembekalan KKN dilaksanakana pada tanggal 15-17 April 2013.
b. Kegiatan Kuliah kerja nyata di lapangan dimulai dari tanggal
18 April 2013 hingga penutupan kegiatan
KKN di Kantor Camat Tanah Jambo Aye pada tanggal 10 Juni 2013.
1.4 TUJUAN DAN MANFAAT
1. Tujuan
Tujuan dari
pelaksanaan KKN PPM ini adalah:
a. Meningkatkan
empati dan kepedulian mahasiswa
b. Melaksanakan Tri
Dharma Perguruan Tinggi.
c. Meningkatkan
daya pikir masyarakat terhadap bagaimana keberadaan mahasiswa di dalam masyarakat
d.Menumbuhkan ekonomi masyarakat desa, dengan program program
pemberdayaan.
2. Manfaat
Pada dasarnya kegiatan KKN PPM diarahkan kepada 3 sasaran, yaitu:
a. Mahasiswa
1. Memperdalam
Pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang:
·
Kemampuan
meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa pada sesama dalam masyarakat
·
Kesulitan
yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah
pembangunan pengembangan daerah
2. Mendewasakan
alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan dan pemecahan masalah yang ada
di masyarakat
3. Membentuk
sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap
kemajuan masyarakat
4. Memberikan
ketrampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program peengembangan
dan pembangunan.
b. Masyarakat
1. Memperoleh bantuan fikiran dan tenaga untuk
merencanakan serta melaksanakan program.
2. Meningkatkan kemampuan berfikir, bersikap dan
bertindak agar sesuai dengan tujuan yang terarah pada pencapaian target
tertentu
3. Memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang
diperlukan dalam pembangunan di daerah
4. Membentuk kader-kader pembangunan di
masyarakat sehingga terjamin kesinambungan pembangunan
c. Perguruan
Tinggi
1. Perguruan tinggi lebih terarah dalam
mengembangkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa, dengan adanya umpan
baliksebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat. Dengan demikian,
kurikulum perguruan tinggi akan dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan.
Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh
dalam proses pendidikan
2. Perguruan tinggi dapat menjalin kerjasama
dengan instansi pemerintah atau department lainnya dalam melaksanakan pembangunan
dan pengembangan IMTAQ dan IPTEKS
3. Perguruan tinggi dapat mengembangkan IMTAQ dan IPTEKS yang lebih bermanfaat dalam
pengelolaan dan penyelesaian berbagai masalah pembangunan.
BAB II
GAMBARAN
SINGKAT WILAYAH
KKN
KELOMPOK 51 UNIMAL
2.1 KONDISI OBJEKTIF DESA ULEE GLE
Sejarah Singkat Desa Ulee Gle
Desa Ulee Gle terletak 7 m
diatas permukaan laut berbatasan dengan Desa Tanjong Dama (Kecamatan Baktia) disebelah
selatan,Desa Buket Batee Badah disebelah
Timur, Desa Biram Cut disebelah Utara, dan Desa Cot Biek Di sebelah Barat. Ciri
khas dan keseharian masyarakat Desa Ulee Gle nampak jelas pada gaya hidup dan
tata bahasa sehari –hari dengan menggunakan Bahasa Aceh, karena pada mulanya
yang menghuni desa ini adalah orang – orang keturunan dari orang Asli Aceh.
BAB III
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM
3.1 DESKRIPSI PROGRAM
Pemerintahan gampong merupakan unit pelayanan pemerintahan terendah dalam
struktur pemerintahan Provinsi NAD. Dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan
pemerintahan gampong yang efektif, pemerintah Provinsi telah mengeluarkan
kebijakan tentang pemerintahan gampong untuk diimplementasikan pelaksanaannya
di Kabupaten Aceh Utara. Namun demikian, implementasi kebijakan tersebut belum
terlaksana dengan baik, karena struktur kelembagaan gampong cenderung belum
berfungsi sesuai dengan amanah kebijakan tentang pemerintahan gampong.
Kelembagaan gampong pada saat ini masih berfungsi sebagai pelaksana kegiatan
adat-istiadat ketimbang sebagai agen pemerintahan yang melaksanakan fungsi
pelayanan publik.
Struktur
Tata Pemerintahan
Berdasarkan
Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah, pemerintah desa
berfungsi sebagai pelayan pemerintah, pelayan pembangunan desa, pelayan kemasyarakatan
di bawah Kabupaten. Kepala Desa Ulee Gle dibantu oleh Sekretaris(Belum ada
Sekretaris Desa) yang membawahi kepala-kepala urusan (Kaur) dan dilapangan
dibantu oleh kepala Dusun (Kadus) yang bertugas sebagaimana Undang-undang
tersebut.
Adapun susunan organisasi
pemerintahan Desa Ulee Gle sebagai berikut :
1. Kepala Desa :
2. Sekretaris Desa :
3. Kepala Urusan
a. Pemerintahan :
b. Pembangunan :
c. Umum :
Dalam melaksanakan tugas Kepala
Desa senantiasa bekerja sama dengan lembaga yang ada, yaitu badan
Permusyawaratan Desa ( BPD ) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa ( LPMD )
dengan menerapkan sistem demokrasi sebagai realisasi dari palsafah Pancasila
dan UUD 1945, yakni menggunakan musyawarah mufakat dalam mengambil setiap
keputusan.
Untuk kelancaran pelaksanaan pemerintahan desa, Kepala Desa dibantu oleh 6 Kepala Dusun , yang terdiri dari Dusun Teungoh, Dusun lhok Raga, Dusun Buket Panyang, Dusun Lhok Iboh, Dusun Buket Panjoe, Dusun Neubok Dalam.
Untuk kelancaran pelaksanaan pemerintahan desa, Kepala Desa dibantu oleh 6 Kepala Dusun , yang terdiri dari Dusun Teungoh, Dusun lhok Raga, Dusun Buket Panyang, Dusun Lhok Iboh, Dusun Buket Panjoe, Dusun Neubok Dalam.
Sementara pengadministrasian,
pencatatan dan pendataan program yang akan dilaksanakan diagendakan dalam buku
administrasi desa yang ada di kantor geuchik setempat.
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Secara keseluruhan, kegiatan KKN berlangsung dengan
baik. Program-program yang direncanakan dapat terealisasi dengan optimal dan
tepat waktu meskipun ada beberapa faktor penghambat baik eksternal maupun
internal yang membuat beberapa program kurang maksimal. Dari semua pemaparan di
atas, dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang terjadi di Gampong Ulee Gle masih kurangnya perhatian dari Pemerintah
Daerah dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat, membantu mempercepat proses
pembangunan, pendidikan karakter serta membentuk kader penerus kegiatan
pembangunan di masyarakat.
5.2 SARAN
a. Saran Kepada LPPM dan Panitia
Pihak lembaga dan panitia sebagai penyelenggara KKN
hendaknya menyelenggarakan kegiatan KKN pada suatu wilayah dengan program
berkelanjutan sebagai daerah binaan.Bagaimanapun, adanya KKN diharapkan dapat
memberikan dampak yang nyata dan manfaat yang dirasakan berkesinambungan oleh
wilayah yang ditempati KKN, tidak hanya dirasa sebagai hujan gerimis semata
yang menyejukkan sesaat tanpa ada efek yang signifikan bagi perubahan
konsisten.
Harapan saya, pada daerah yang telah dijadikan lokasi
KKN dikelola secara sistemik oleh lembaga bersama pemerintah desa setempat
dengan menerjunkan peserta KKN rutin dalam beberapa periode hingga dirasa
beberapa program prioritas dapat terlaksana dengan baik yang terkelola secara
berkesinambungan oleh peserta-peserta KKN berikutnya dengan misi yang sama.
Sehingga tidak perlu mengedepankan bermacam-macam misi yang hanya berlangsung
sepintas tapi tidak dapat meninggalkan manfaat yang berarti.
b. Saran Kepada aparat Pemerintah lokasi KKN
Secara Khusus,pemerintah desa hendaknya turut serta
mendukung dan merealisasikan program kerjasama dengan lembaga yang saya
harapkan, sehingga
dapat menjadi sumbangsih dan peran serta pengabdian mahasiswa dan perguruan
tinggi agar menjadi pionir pemberdayaan masyarakatdalam mempercepat proses
pembangunan. Demikian halnya pada program-program yang telah berjalan, saya
berharap agar semua kegiatan positif yang telah terbangun dapat ditindak
lanjuti dan terus dikembangkan agar berjalan secara berkelanjutan bagi
kemaslahatan masyarakat luas.
c.
Saran Kepada Peserta KKN
1. Peserta KKN hendaknya tetap menjaga kekompakan
dan keharmonisan
2. Peserta KKN hendaknya mampu menunjukkan peran
dan manfaatnya sebagai insan intelektual di masyarakat
3. Peserta KKN hendaknya tidak menjadi orang
asing di daerahnya sendiri
Lampiran.
masukkan foto yang menjadi dokumentasi selama acara |
terima kasih kak, sangat membantu ^-^
BalasHapusMicroTouch Titanium trim, 1/3" x 1/2" | Tatanium Arts
BalasHapusT-S, titanium money clip the titanium earrings studs top-tier design of where can i buy titanium trim MicroTouch Titanium, adds a touch of luxury. All of these devices will come with babyliss pro nano titanium straightener removable battery pack so you can use everquest titanium the