Rabu, 01 April 2015

contoh laporan individu KKN

LAPORAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PPM)
TIM II ANGKATAN XIII T.A 2012/2013
UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
KELOMPOK 51
DESA ULEE GLE KECAMATAN TANAH JAMBO AYE
ACEH UTARA



LOGO






Dosen Pembimbing Lapangan : Chairil Akhyar, SE.,M.Si

Di Susun Oleh :

ZULFADLI (NIM.090210049)
ILMU ADMINISTRASI NEGARA

UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
ACEH UTARA
TAHUN 2013






LEMBAR PERSETUJUAN



Oleh :
ZULFADLI(NIM.090210049)


Ketua Kelompok




HELMIZAR
Mahasiswa




                       ZULFADLI




Mengetahui,
                        Dosen Pembimbing Lapangan                                    Kepala Desa Ulee Gle




                         Chairil Akhyar, SE.,M.Si                                         M. Hasan Ishak









KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji dan syukur kita munajatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) sebagai salah satu tugas yang diberikan lembaga untuk tugas laporan kelompok dan dilanjutkan sebagai bukti bahwa kami telah mengikuti dan menyelesaikan kegiatan KKN yang dilaksakanan pada tanggal 18 April sampai dengan 10 Juni 2013 dengan tema “PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT”.
Dalam melaksanakan KKN di Desa Ulee Gle Kecamatan Tanah Jambo Aye, maupun dalam penyusunan laporan  ini banyak kendala yang ditemukan . Namun berkat bantuan dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak segala kesulitan dapat diselesaikan tanpa permasalahan yang berarti.
Dengan penuh kerendahan hati melalui laporan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
  1. Bapak Drs , selaku Rektor Universitas Malikussaleh
  2. Bapak/Ibu Panitia KKN-PPM Universitas Malikussaleh tahun 2013
  3. Bapak , Selaku Dosen Pembimbing Lapangan
  4. Bapak Kepala Desa Ulee Gle beserta para stafnya
  5. Rekan-rekan mahasiswa peserta KKN-PPM Kelompok 51 Universitas Malikussaleh.
Kami mengaharapkan kritik dan saran dari para pembaca terutama dari pihak LPPM Universitas Malikussaleh, demi perbaikan di masa yang akan datang.
 Semoga segala kebaikan yang telah diberikan mendapat pahala yang berlipat ganda

Ulee Gle, 02 Juni 2013


                      


BAB  I
PENDAHULUAN
1.1.1        LATAR BELAKANG

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, yang merupakan salah satu cara mengaplikasikan apa yang sudah diterima selama di dalam perkuliahan. KKN dapat dikatakan sebagai suatu wadah perkuliahan yang tidak mengutamakan teori lagi, akan tetapi lebih mengutamakan praktik kita dalam mengatasi problematika di masyarakat.
Mengingat permasalahan  dalam hal pembangunan yang sangat kompleks dan saling bertautan, maka perlu penanganan secara pragmatis dan interdisiplioner. Untuk itu diperlukan pendidikan yang dapat melatih mahasiswa sebagai calon sarjana yang bekerja secara interdispliner dan menanggulagi permasalahan yang pragmatis. Dalam hal ini menunjukan adanya tiga unsur penting yang dimiliki dalam mengartikan Kuliah Kerja Nyata  (KKN) yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai kegiatan pendidikan, melalui Kuliah Kerja Nyata mahasiswa memperkenalkan langsung dengan masyarakat dan permasalahannya dengan cara kerja antarsektor dan interdisipliner.
Dalam kaitannya dengan penelitian, mahasiswa diajak untuk menelaah dan merumuskan permasalahan yang terjadi di masyarakat, menelaah potensi-potensi dan kelemahan dilema masyarakat serta merumuskannya dan mencari solosi untuk masalah itu.

Sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata mahasiswa mengamalkan ilmu, teknologi, seni, agama untuk memecahkan masalah tersebut dan menanggulangi secara pragmatis. Atau dapat dikatakan bahwa Kuliah Kerja Nyata membantu dalam membangun masyarakat.
Spesifikasi pelaksanaan kegiatan KKN ini diprioritaskan pada pengabdian kepada masyarakat dan dimuatkan misi khusus dengan kemasan mengangkat  tema “pemberdayaan ekonomi masyarakat” agar dapat berkembangnya rasa kepekaan sosial, membantu mempercepat proses pembangunan, pendidikan karakter serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan masyarakat. Sehingga pada pelaksanaannya menekankan pada pengabdian dan pemakmuran kegiatan di dalam masyarakat desa dengan program-program bimbingan keilmuan vertical dan horizontal yang dikomplementasikan dengan pemahaman yang lebih menekankan pada pemberdayaan ekonomi.


1.2        RUMUSAN MASALAH


Dalam merealisasikan cita-cita bangsa untuk mencapai bangsa yang maju dan dihargai oleh seluruh bangsa di dunia, masyarakat pedesaan yang merupakan basis dari kekuatan rill yang menjadi salah satu modal kekuatan penggerak kemajuan global. Kesadaran akan tanggung jawab bahwa Universitass Malikussaleh merupakan salah satu perguruan tinggi yang harus aktif dalam pembangunan. Maka KKN dilahirkan sebagai saham dari perguruan tinggi melalui mahasiswanya untuk membangun perekonomian masyarakat.
Diadakannya KKN diharapkan menjadi jembatan antara dunia kampus yang terkenal dan merupakan basis para akademik dengan masyarakat dengan segala persoalan yang melingkupinya, yang dilaksanakan dengan melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian dalam masyarakat sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.Mahasiswa sebagai fasilitator, motivator dan katalisator bagi masyarakat untuk selalu terlibat dalam gerak pembangunan untuk mencapai sebuah bangsa yang tangguh dan mandiri seperti yang selama ini dicita-citakan.
Secara khusus, KKN yang dilaksanakan ini dimuatkan misi khusus dengan kemasan mengangkat tema “pemberdayaan ekonomi masyarakat” agar dapat berkembangnya rasa kepekaan sosial, membantu mempercepat proses pembangunan, pendidikan karakter serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan masyarakat. Selain itu juga berorientasi pada pengabdian masyarakat melalui pengembangan dan pemakmuran ekonomi masyarakat desa dan lembaga-lembaga pendidikan formal maupun non formal di Desa Ulee Gle Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara sehingga dapat menjadi wahana penerapan ilmu pengetahuan dan pengembangan wawasan di masyarakat secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat.


1.3        Tempat dan Waktu

a.         Tempat
Wilayah pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) 2013 Universitas Malikussaleh berlokasi di Desa Ulee Gle Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara.

b.        Waktu
Pelaksanaan kuliah kerja nyata dilakukan dalam dua tahap yaitu  :
a.      Pembekalan KKN dilaksanakana pada tanggal 15-17 April 2013.
b.      Kegiatan Kuliah kerja nyata di lapangan dimulai dari tanggal 18 April 2013  hingga penutupan kegiatan KKN di Kantor Camat Tanah Jambo Aye pada tanggal 10 Juni 2013.

1.4        TUJUAN DAN MANFAAT

1.   Tujuan
Tujuan dari pelaksanaan KKN PPM ini adalah:
a. Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa
b. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
c. Meningkatkan daya pikir masyarakat terhadap bagaimana keberadaan mahasiswa di dalam masyarakat
d.Menumbuhkan ekonomi masyarakat desa, dengan program program pemberdayaan.

2. Manfaat

Pada dasarnya kegiatan KKN PPM diarahkan kepada 3 sasaran, yaitu:

a.    Mahasiswa
1.         Memperdalam Pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang:
·         Kemampuan meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa pada sesama dalam masyarakat
·         Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah pembangunan pengembangan daerah
2.         Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di masyarakat
3.         Membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat
4.         Memberikan ketrampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program peengembangan dan pembangunan.
b.   Masyarakat
1.      Memperoleh bantuan fikiran dan tenaga untuk merencanakan serta melaksanakan program.
2.      Meningkatkan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak agar sesuai dengan tujuan yang terarah pada pencapaian target tertentu
3.      Memperoleh pembaharuan-pembaharuan yang diperlukan dalam pembangunan di daerah
4.      Membentuk kader-kader pembangunan di masyarakat sehingga terjamin kesinambungan pembangunan

c.    Perguruan Tinggi
1.      Perguruan tinggi lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa, dengan adanya umpan baliksebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat. Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi akan dapat disesuaikan dengan tuntutan pembangunan. Tenaga pengajar memperoleh berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan
2.      Perguruan tinggi dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau department lainnya dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan IMTAQ dan IPTEKS
3.      Perguruan tinggi dapat mengembangkan  IMTAQ dan IPTEKS yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan penyelesaian berbagai masalah pembangunan.




BAB II
GAMBARAN SINGKAT WILAYAH
KKN KELOMPOK 51 UNIMAL

2.1       KONDISI OBJEKTIF DESA ULEE GLE
Sejarah Singkat Desa Ulee Gle

Desa Ulee Gle terletak 7 m diatas permukaan laut berbatasan dengan Desa Tanjong Dama (Kecamatan Baktia) disebelah selatan,Desa Buket Batee Badah  disebelah Timur, Desa Biram Cut disebelah Utara, dan Desa Cot Biek Di sebelah Barat. Ciri khas dan keseharian masyarakat Desa Ulee Gle nampak jelas pada gaya hidup dan tata bahasa sehari –hari dengan menggunakan Bahasa Aceh, karena pada mulanya yang menghuni desa ini adalah orang – orang keturunan dari orang Asli  Aceh.



BAB III
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM

3.1       DESKRIPSI PROGRAM

Pemerintahan gampong merupakan unit pelayanan pemerintahan terendah dalam struktur pemerintahan Provinsi NAD. Dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan gampong yang efektif, pemerintah Provinsi telah mengeluarkan kebijakan tentang pemerintahan gampong untuk diimplementasikan pelaksanaannya di Kabupaten Aceh Utara. Namun demikian, implementasi kebijakan tersebut belum terlaksana dengan baik, karena struktur kelembagaan gampong cenderung belum berfungsi sesuai dengan amanah kebijakan tentang pemerintahan gampong. Kelembagaan gampong pada saat ini masih berfungsi sebagai pelaksana kegiatan adat-istiadat ketimbang sebagai agen pemerintahan yang melaksanakan fungsi pelayanan publik.
Struktur Tata Pemerintahan
Berdasarkan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah, pemerintah desa berfungsi sebagai pelayan pemerintah, pelayan pembangunan desa, pelayan kemasyarakatan di bawah Kabupaten. Kepala Desa Ulee Gle dibantu oleh Sekretaris(Belum ada Sekretaris Desa) yang membawahi kepala-kepala urusan (Kaur) dan dilapangan dibantu oleh kepala Dusun (Kadus) yang bertugas sebagaimana Undang-undang tersebut.

Adapun susunan organisasi pemerintahan Desa Ulee Gle sebagai berikut :
1. Kepala Desa            :
2. Sekretaris Desa       :
3. Kepala Urusan
a. Pemerintahan                       :
b. Pembangunan                      :
c. Umum                                 :
Dalam melaksanakan tugas Kepala Desa senantiasa bekerja sama dengan lembaga yang ada, yaitu badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa ( LPMD ) dengan menerapkan sistem demokrasi sebagai realisasi dari palsafah Pancasila dan UUD 1945, yakni menggunakan musyawarah mufakat dalam mengambil setiap keputusan.
Untuk kelancaran pelaksanaan pemerintahan desa, Kepala Desa dibantu oleh 6 Kepala Dusun , yang terdiri dari Dusun Teungoh, Dusun lhok Raga, Dusun Buket Panyang, Dusun Lhok Iboh, Dusun Buket Panjoe, Dusun Neubok Dalam.
Sementara pengadministrasian, pencatatan dan pendataan program yang akan dilaksanakan diagendakan dalam buku administrasi desa yang ada di kantor geuchik setempat.



BAB V
PENUTUP

5.1              KESIMPULAN
Secara keseluruhan, kegiatan KKN berlangsung dengan baik. Program-program yang direncanakan dapat terealisasi dengan optimal dan tepat waktu meskipun ada beberapa faktor penghambat baik eksternal maupun internal yang membuat beberapa program kurang maksimal. Dari semua pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang terjadi di Gampong Ulee Gle  masih kurangnya perhatian dari Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat, membantu mempercepat proses pembangunan, pendidikan karakter serta membentuk kader penerus kegiatan pembangunan di masyarakat.

5.2              SARAN
a.      Saran Kepada LPPM dan Panitia
Pihak lembaga dan panitia sebagai penyelenggara KKN hendaknya menyelenggarakan kegiatan KKN pada suatu wilayah dengan program berkelanjutan sebagai daerah binaan.Bagaimanapun, adanya KKN diharapkan dapat memberikan dampak yang nyata dan manfaat yang dirasakan berkesinambungan oleh wilayah yang ditempati KKN, tidak hanya dirasa sebagai hujan gerimis semata yang menyejukkan sesaat tanpa ada efek yang signifikan bagi perubahan konsisten.
Harapan saya, pada daerah yang telah dijadikan lokasi KKN dikelola secara sistemik oleh lembaga bersama pemerintah desa setempat dengan menerjunkan peserta KKN rutin dalam beberapa periode hingga dirasa beberapa program prioritas dapat terlaksana dengan baik yang terkelola secara berkesinambungan oleh peserta-peserta KKN berikutnya dengan misi yang sama. Sehingga tidak perlu mengedepankan bermacam-macam misi yang hanya berlangsung sepintas tapi tidak dapat meninggalkan manfaat yang berarti.




b.      Saran Kepada aparat Pemerintah lokasi KKN
Secara Khusus,pemerintah desa hendaknya turut serta mendukung dan merealisasikan program kerjasama dengan lembaga yang saya harapkan, sehingga dapat menjadi sumbangsih dan peran serta pengabdian mahasiswa dan perguruan tinggi agar menjadi pionir pemberdayaan masyarakatdalam mempercepat proses pembangunan. Demikian halnya pada program-program yang telah berjalan, saya berharap agar semua kegiatan positif yang telah terbangun dapat ditindak lanjuti dan terus dikembangkan agar berjalan secara berkelanjutan bagi kemaslahatan masyarakat luas.

c.       Saran Kepada Peserta KKN
1.      Peserta KKN hendaknya tetap menjaga kekompakan dan keharmonisan
2.      Peserta KKN hendaknya mampu menunjukkan peran dan manfaatnya sebagai insan intelektual di masyarakat
3.      Peserta KKN hendaknya tidak menjadi orang asing di daerahnya sendiri
















Lampiran.

masukkan foto yang menjadi dokumentasi selama acara
 

2 komentar:

  1. terima kasih kak, sangat membantu ^-^

    BalasHapus
  2. MicroTouch Titanium trim, 1/3" x 1/2" | Tatanium Arts
    T-S, titanium money clip the titanium earrings studs top-tier design of where can i buy titanium trim MicroTouch Titanium, adds a touch of luxury. All of these devices will come with babyliss pro nano titanium straightener removable battery pack so you can use everquest titanium the

    BalasHapus